Adik- adik peseta didik SMP sudahkah kalian bersiap menghadapi Ujian Nasioanal UN yahun 2013 yang tinggal 1 minggu ini?, kami yakin semua telah berusaha mempersiapkan diri dengan belajar. Kami yakin bapak/ ibu guru di sekolah juga sudah memberikan pembekalan semaksimal mungkin.
Untuk memudahkan belajar kalian kami merangkum SKL dan Indikator UN Fisika SMP tahun 2013 yang kami dapat dari berbagai workshop Guru UN tingkat SMP. Ada 20 SKL IPA Fisika sebagai berikut :
SKL dan Indikator
- Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari
1.1.Disajikan
tabel, peserta didik mampu menentukan
besaran
turunan
satuan SI dan alat ukurnya
1.2.Disajikan
gambar alat ukur (mistar, neraca,
stopwatch,
gelas ukur, termometer), peserta didik
dapat
membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut
2. .Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam
kehidupan sehari-hari
2.1.Disajikan
gambar dan tabel,
peserta didik dapat menentukan sifat-sifat wujud suatu zat
3. Menentukan konversi suhu pada termometer
3. Menentukan konversi suhu pada termometer
3.1.Disajikan
gambar pengukuran suhu Peserta didik dapat menentukan besarnya suhu pada termometer lain
3.2.Disajikan
gambar pengukuran suhu dengan dua termometer yang berbeda, peserta didik
dapat menghitung suhu pada salah satu termometer jika skala suhu lainnyadiketahui
4.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.Peserta
didik dapat menentukan kenaikan suhu atau suhu akhir suatu campuran.
4.2.Peserta
didik dapat menentukan jumlah kalor
yang
diperlukan oleh benda pada proses
tertentu
jika parameter lain diketahui
(kalor
jenis dan massa benda diketahui)
4.3.Peserta
didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan
perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari (Kanfer, Es krim, Spritus,Alhokol)
5.
Menentukan jenis gerak lurus atau
penerapan hukum Newton
dalam kehidupan sehari-hari.
5.1.Peserta
didik dapat memberikan contoh penerapan hukum II Newton,
atau hukum III Newton
5.2.Peserta
didik dapat memberikan contoh penerapan hukum I Newton, atau hukum III
Newton
5.3.Menentukan jenis gerak (gambar, grafik atau pernyataan)
6.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau
energi
6.1.Peserta
didik dapat menentukan energi kinetik benda jika massa dan kecepatan benda
diketahui.
6.2.Peserta
didik dapat menentukan energi potensial gravitasi jika massa dan ketinggian
benda diketahui
6.3.Peserta
didik dapat menghitung besarnya usaha pada benda yang diangkat vertikal ke atas atau menentukan besar dan arah \gerak benda jika
benda tersebut dikenai gaya atau disajikakan gambar
beberapa gaya yang bekerja pada benda dan jarak perpindahannya, peserta didik
dapat menentukan usaha terhadap benda.
7.
Menentukan penerapan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
7.1.Disajikan gambar beberapa alat pesawat sederhana,
peserta didik mampu memberikan contoh alat pesawat sederhana lain yang sejenis.
7.2.Disajikan
gambar, peserta didik dapat menentukan gaya paling besar atau gaya paling kecil untuk menahan benda
yang berada pada bidang miring
7.3.Peserta
didik mampu menjelaskan
prinsip kerja salah alat pesawat
sederhana yang digunakan
dalam sehari-hari.
8.
Menentukan besaran fisis yang terkait
dengan tekanan pada suatu zat
8.1.Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan
besarnya salah satu variabel pada hukum Pascal.
8.2.Peserta
didik dapat menentukan gaya ke atas jika benda berada dalam zat cair jika
besaran lain diketahui
8.3..Disajikan
gambar dua bejana yang berisi zat cair yang berbeda, Peserta didik dapat menentukan besarnya tekanan zat cair
pada dasar masing-masing bejana,
9.
Menentukan besaran fisis pada getaran
atau gelombang.
9.1.Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo
9.1.Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo
9.2.Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat
menentukan nilai salah satu besaran
gelombang
9.3.Disajikan
gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan
amplitudo, periode dan panjang
gelombang
10.
Menjelaskan sifat bunyi atau
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
10.1.
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan bandul yang ikut berayun jika bandul yang lain diayunkan
10.2.
Disajikan stimulus atau gambar berupa peristiwa yang
berkaitan dengan perambatan bunyi, peserta didik dapat menjelaskan gejala yang
terjadi
10.3.
Disajikan beberapa peristiwa sehari-hari
atau pernyataan yang berkaitan dengan terjadinya bunyi, peserta didik dapat
menjelaskan gejala pada peristiwa tsb terkait dengan syarat terdengarnya bunyi
oleh manusia
11.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran
yang berhubungan dengan cermin/lensa
atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
11.1.
Disajikan gambar benda dan bayangannya
pada lensa cembung, Siswa dapat
menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangan diketahui
11.2.
Disajikan gambar benda di depan cermin
cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan
perbesaran dan sifat bayangan.
11.3.
Siswa
dapat menentukan sifat bayangan pada alat optik tertentu.
12.
Menjelaskan gejala listrik statis dalam
penerapan kehidupan sehari-hari.
12.1.
Siswa dapat menentukan arah perpindahan
elektron dan atau jenis muatan benda
tertentu setelah digosok dengan benda/kain tertentu
12.2.
Siswa
dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroskop melalui gambar sebagai
pilihan jawaban
12.3.
Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika
antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua benda dijauhkan atau didekatkan pada
kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap
13.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis
dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
13.1.
Disajikan rangkaian beberapa penghambat
seri-paralel, yang diketahui hambatan
masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang
13.2.
Disajikan gambar rangkaian beberapa
penghamabatsecara paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat
menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan
hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
13.3.
Disajikan gambar rangkaian beberapa
penghambat secara seri paralel yang
diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus
yang mengalir jika ggl dan hamabatan
dalam sumber tegangan diketahui.
14.
Menentukan besarnya energi atau daya
listrik dalam`kehidupan sehari-hari
14.1.
Siswa dapat menghitung besar energi listrik
jika tegangan, kuat arus dan waktu diketahui
14.2.
Siswa
dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu
bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
14.3.
Disajikan gambar alat listrik yang diketahui
daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut
15.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan
kutub-kutub yang dihasilkan.
15.1.
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan
cara induksi , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang
dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15.2.
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan
cara gosokan , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang
dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15.3.
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan
cara elektromagnet, siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet
yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
16.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator
16.1.
Disajikan
stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda dengan gerak sepeda, siswa dapat menjelaskan alasan
makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu
16.2.
Siswa
dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
16.3.
Disajikan gambar skema trafo siswa dapat
menentukan salah satu variabel pada
rumus trafo jika variabel lainnya diketahui
17.
Menjelaskan
ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
17.1.
Siswa
dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi atau
revolusi bumi
17.2.
Terjadinya
gerhana bulan atau gerhana matahari
17.3.
Terjadinya
pasang surut air laut
17.4.
Ciri-ciri
anggota tata surya
18.
Mendiskripsikan
atom,
ion, dan
molekul
serta hubungannya
dengan produk
kimia sehari-hari
18.1.
Disajikan
beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa dan garam
18.2.
Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh
zat ke dalam kelompok unsur, senyawa dan campuran
18.3.
Siswa
dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran
19.
Mendiskripsikan
larutan asam, basa atau garam
19.1.
Disajikan informasi tentang
karakteristik suatu zat, siswa dapat menentukan sifat zat tersebut (asam, basa
ataukah garam)
20.
Mendiskripsikan
unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
soalnya dong
ReplyDelete