Tuesday, April 16, 2013

SKL dan Indikator UN Fisika SMP tahun 2013


Adik- adik peseta didik SMP sudahkah kalian bersiap menghadapi Ujian Nasioanal UN yahun 2013 yang tinggal 1 minggu ini?, kami yakin semua telah berusaha mempersiapkan diri dengan belajar. Kami yakin bapak/ ibu guru di sekolah juga sudah memberikan pembekalan semaksimal mungkin.
Untuk memudahkan belajar kalian kami merangkum SKL dan Indikator UN Fisika SMP tahun 2013 yang kami dapat dari berbagai workshop Guru UN tingkat SMP. Ada 20 SKL IPA Fisika sebagai berikut :

SKL dan Indikator
  1. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari
1.1.Disajikan tabel, peserta didik mampu menentukan
besaran turunan satuan SI dan alat ukurnya
1.2.Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca,
stopwatch, gelas ukur, termometer), peserta didik dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut
2.      .Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan   wujudnya atau penerapan dalam
 kehidupan sehari-hari
2.1.Disajikan gambar dan tabel, peserta didik  dapat menentukan sifat-sifat wujud suatu zat
3. Menentukan konversi suhu pada   termometer
3.1.Disajikan gambar pengukuran suhu Peserta didik dapat menentukan  besarnya suhu pada termometer lain
3.2.Disajikan gambar pengukuran suhu dengan  dua termometer yang berbeda, peserta didik dapat menghitung suhu pada salah satu termometer jika skala suhu lainnyadiketahui
 4.      Menentukan besaran kalor dalam proses  perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.Peserta didik dapat menentukan kenaikan suhu atau suhu akhir suatu campuran.
4.2.Peserta didik dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses
 tertentu jika parameter lain diketahui (kalor jenis  dan massa benda diketahui)
4.3.Peserta didik dapat   menyebutkan contoh  pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan  sehari-hari (Kanfer, Es krim, Spritus,Alhokol)
5.      Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5.1.Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan hukum II  Newton, atau hukum III Newton
5.2.Peserta didik dapat memberikan contoh  penerapan hukum I  Newton, atau hukum III
 Newton
5.3.Menentukan jenis gerak (gambar, grafik atau  pernyataan)
6.      Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
6.1.Peserta didik dapat menentukan energi kinetik benda jika massa dan kecepatan benda diketahui.
6.2.Peserta didik dapat menentukan energi potensial gravitasi jika massa dan ketinggian benda diketahui
6.3.Peserta didik dapat menghitung besarnya usaha pada benda yang diangkat vertikal ke atas atau menentukan besar dan arah \gerak benda jika benda tersebut dikenai gaya atau disajikakan gambar beberapa gaya yang bekerja pada benda dan jarak perpindahannya, peserta didik dapat menentukan usaha terhadap benda.
7.      Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
7.1.Disajikan gambar beberapa alat pesawat sederhana, peserta didik mampu memberikan contoh alat pesawat sederhana lain yang sejenis.
7.2.Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gaya paling besar atau gaya paling kecil untuk menahan benda yang berada pada bidang  miring
7.3.Peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja salah alat pesawat sederhana yang digunakan dalam sehari-hari.
8.      Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
8.1.Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel pada hukum Pascal. 
8.2.Peserta didik dapat menentukan gaya ke atas jika benda berada dalam zat cair jika besaran lain diketahui 
8.3..Disajikan gambar dua bejana yang berisi zat cair yang berbeda, Peserta didik  dapat menentukan besarnya tekanan zat cair pada dasar masing-masing bejana,
9.      Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.  
9.1.Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo
9.2.Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu  besaran gelombang
9.3.Disajikan gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan amplitudo, periode dan panjang gelombang
10.  Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
10.1.        Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan bandul yang ikut berayun jika   bandul yang lain diayunkan
10.2.        Disajikan stimulus atau gambar berupa peristiwa yang berkaitan dengan perambatan bunyi, peserta didik dapat menjelaskan gejala yang terjadi
10.3.            Disajikan beberapa peristiwa sehari-hari atau pernyataan yang berkaitan dengan terjadinya bunyi, peserta didik dapat menjelaskan gejala pada peristiwa tsb terkait dengan syarat terdengarnya bunyi oleh manusia
11.  Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
11.1.        Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa dapat  menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangan diketahui
11.2.        Disajikan gambar benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan perbesaran dan sifat bayangan.
11.3.        Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optik tertentu.
12.  Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
12.1.        Siswa dapat menentukan arah perpindahan elektron dan atau jenis muatan   benda tertentu setelah digosok dengan benda/kain tertentu
12.2.        Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroskop melalui gambar sebagai pilihan jawaban
12.3.        Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua  benda dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap
13.  Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
13.1.        Disajikan rangkaian beberapa penghambat seri-paralel, yang diketahui  hambatan masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang
13.2.        Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamabatsecara paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
13.3.        Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara seri paralel yang  diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus yang mengalir  jika ggl dan hamabatan dalam   sumber tegangan diketahui.
14.  Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam`kehidupan sehari-hari
14.1.        Siswa dapat menghitung besar energi listrik jika tegangan, kuat arus dan waktu diketahui
14.2.        Siswa dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
14.3.        Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut
15.  Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
15.1.        Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara induksi , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15.2.        Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara gosokan , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15.3.        Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara elektromagnet, siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya

16.  Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator
16.1.        Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda dengan  gerak sepeda, siswa dapat menjelaskan alasan makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu
16.2.        Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
16.3.            Disajikan gambar skema trafo siswa dapat menentukan  salah satu variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui
17.  Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
17.1.        Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi atau revolusi bumi
17.2.        Terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari
17.3.        Terjadinya pasang surut air laut
17.4.        Ciri-ciri anggota tata surya
18.  Mendiskripsikan  atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia  sehari-hari
18.1.        Disajikan beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa dan garam
18.2.        Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok unsur, senyawa dan campuran
18.3.        Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran
19.  Mendiskripsikan larutan asam, basa atau garam
19.1.        Disajikan informasi tentang karakteristik suatu zat, siswa dapat menentukan sifat zat tersebut (asam, basa ataukah garam)
20.  Mendiskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia


1 comment: