SKL
8 : Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
8.1.
Perhatikan skema gambar
dongkrak hidrolik berikut !
A. 10 N
B. 16 N
C. 160 N
D. 200 N
8.2. Sebuah benda dicelupkan kedalam bejana
berisi air tampak seperti gambar!
Apabila
massa jenis air = 1000 kg/m3, g= 10 m/s2, Volume benda 60
cm3, maka gaya ke atas yang dialami benda tersebut ?
A. 0,02 N
B. 0,2 N
C. 0,6 N
D. 2,0 N
8.2. Perhatikan gambar berikut !
Suatu benda berada di dalam air. Jika massa jenis air
1000 kg/m3, tekanan udara luar 105 Pa, dan percepatan
gravitasi di tempat
tersebut 10 m/s2, maka tekanan hidrostatis yang dialami benda A adalah …
A. 10.000
N/m2 C.
120 N/m2
B. 1000 N/m2 D.
20 N/m2
|
SKL
9: Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Bila waktu bandul untuk menempuh lintasan A-B adalah 2 sekon, maka besar amplitude dan
periode getaran berturut-turut ….
A. 18
cm dan 2 sekon
B. 18
cm dan 4 sekon
C. 9
cm dan 2 sekon
D. 9
cm dan 4 sekon
9.2.
Perhatikan
gambar berikut !
Dari
gambar gelombang di atas, besar amplitudo, panjang gelombang dan periode
gelombang berturut-turutt
A.
10 cm, 25 cm dan 6 sekon C. 5 cm,
25 cm dan 2 sekon
B.
10 cm, 50 cm dan 6 sekon D. 5 cm,
50 cm dan 2 sekon
9.3.
Perhatikan
gambar berikut!
Tali sepanjang 150 cm digetarkan dengan frekuensi 5 Hz
sehingga menghasilkan gelombang seperti gambar. Cepat rambat gelombang adalah
….
A. 20
cm/s C.
500 cm/s
B. 30
cm/s D.
750 cm/s
SKL
10 : Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
10.1. Beberapa bandul dengan jenis dan ukuran
sama digantung dengan menggunakan tali tampak seperti gambar.
jika
bandul 1 diayunkan, maka yang terjadi adalah...
A. bandul 4 ikut terayun karena
frekuensinya sama
B. bandul 3 ikut terayun karena talinya
terpanjang
C. bandul 2 ikut terayun karena talinya
paling pendek
D. semua bandul ikut terayun karena saling
berkaitan
10.2. Seorang siswa melakukan percobaan di
Lab IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang dijepit salah satu ujungnya
pada meja seperti tampak gambar berikut:
Ketika penggaris
digetarkan hingga menghasilkan
10 getaran setiap detik, namun
siswa tersebut tetap tidak
mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....
A.
dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi
B.
bunyi yang dihasilkan tidak bisa merambat menuju telinga
C. frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz
D. frekuensi bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz
No comments:
Post a Comment